EDITORIAL DAN DAFTAR ISI, JURNAL LITJAK, VOL. 15, NO. 2 TAHUN 2022

Authors

  • JPKP Kemendikbudristek

Abstract

Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (JPKP) Edisi Kedua Volume 15 tahun 2022 ini berisikan 6 (enam) artikel dengan topik beragam di bidang pendidikan. Enam topik tersebut antara lain mengenai pembelajaran Biologi SMA/MA di Jabodetabek ditinjau dari Standar Proses, relevansi kurikulum jurusan Pendidikan Teknik Bangunan UNJ terhadap kompetensi program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK, peran SMK pada perkembangan pasar tenaga kerja di Indonesia, kemampuan penting abad 21 dan pemetaannya di sekolah dalam menghadapi Asesmen Nasional, permasalahan pengelolaan guru honorer pada jenjang pendidikan dasar, dan peran orang tua dalam mencegah perilaku menyimpang pada anak melalui penguatan karakter dan optimalisasi potensi anak.

Artikel pertama tentang pembelajaran Biologi SMA/MA di Jabodetabek ditinjau dari Standar Proses ditulis oleh Dina Rahma Fadlilah dan Yanti Herlanti. Implementasi Standar Proses yang baik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. Dalam Permendikbudristek No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses, disebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran diselenggarakan dalam suasana belajar yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Pembelajaran yang demikian sebenarnya sudah mulai diinisiasi dalam Kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik, yaitu pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Pelaksanaan Standar Proses yang telah berjalan baik dari Kurikulum 2013 layak dipertahankan pada Kurikulum Merdeka, karena masih sejalan dengan tujuan kurikulum yang baru. Adapun kekurangan yang ditemukan pada penelitian ini dapat menjadi masukan agar implementasi Kurikulum Merdeka menjadi lebih baik.

Artikel kedua berjudul Relevansi Kurikulum Pendidikan Teknik Bangunan UNJ terhadap Kompetensi SMK Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan ditulis oleh Febby Fraharyani, dkk. Objek penelitian ini yaitu dokumen Kurikulum Merdeka, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, dan dokumen Capaian Pembelajaran Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNJ sangat relevan terhadap kompetensi SMK Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada Kurikulum Merdeka, dengan hasil keterkaitan sebesar 80,77%.

Artikel ketiga tentang Sinkronisasi Pasar Tenaga Kerja: Analisis Peran SMK pada Perkembangan Pasar Tenaga Kerja di Indonesia ditulis oleh Goldy Dharmawan dan Wisnu Harto Adi Wijoyo. Penelitian ini mengukur efisiensi distribusi sekolah kejuruan melalui pola permintaan-penawaran lulusan SMK di tingkat nasional dan daerah di Indonesia dengan indikator lapangan kerja, status setengah pengangguran, dan tingkat upah. Dengan menggunakan Survei Angkatan Kerja Nasional Indonesia (Sakernas) dan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peluang lulusan SMK untuk mendapatkan pekerjaan umumnya lebih baik dibandingkan lulusan SMA, namun dengan tingkat upah yang lebih rendah. Penelitian ini merekomendasikan agar pemerintah mengkaji kembali program studi apa yang dibutuhkan di daerah tertentu serta memberikan alternatif untuk mengikuti pelatihan kerja sebagai strategi untuk mendongkrak tingkat upah pekerja.

ditulis oleh Simon Sili Sabon. Analisis terhadap guru honorer dilakukan terkait: (i) perencanaan kebutuhan, (ii) proses rekrutmen, (iii) pengembangan karier, serta (iv) kompetensi, kinerja, dan kesejahteraan. Rekomendasi yang diusulkan berdasarkan hasil analisis terutama berfokus pada peningkatan kesejahteraan guru honorer, pemerataan kesempatan dalam peningkatan kompetensi, serta pemenuhan hak guru honorer.

Artikel kelima berjudul Literasi Informasi: Kemampuan Penting Abad 21 dan Pemetaannya di Sekolah dalam Menghadapi Asesmen Nasional ditulis oleh Zainul Mustofa. Penelitian ini melihat bagaimana profil awal literasi informasi siswa di era global sebagai persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa masuk dalam kategori “perlu intervensi khusus” (62,9%) dengan rata-rata kemampuan literasi informasi berada di nilai 34,4. Penelitian juga menyimpulkan bahwa para siswa lebih menggunakan anggapan atau intuisinya daripada mengelola informasi yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya peningkatan kualitas literasi siswa dalam bentuk peningkatan fasilitas, program, dan evaluasi terhadap Gerakan Literasi Sekolah.

Artikel terakhir tentang Peran Orang Tua dalam Mencegah Perilaku Menyimpang pada Anak dengan Penguatan Karakter dan Optimalisasi Potensi Anak ditulis oleh Yeni Mulati. Indonesia diprediksi memiliki potensi bonus demografi pada tahun 2030 hingga 2040, namun pada saat yang sama kasus kenakalan remaja dan perilaku menyimpang juga masih menjadi permasalahan. Orang tua sebagai agen penting dalam pembentukan karakter anak diharapkan dapat berperan dalam membantu remaja memenuhi tugas-tugas perkembangannya; memahami psikologi remaja; menjadi role model yang baik untuk remaja, serta mengembangkan 3 dimensi karakter, yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action; dan menerapkan pola asuh yang tepat sesuai kebutuhan anak. Untuk mengoptimalkan potensi anak, orang tua dapat menerapkan pendidikan di dalam rumah dengan pendekatan kecerdasan majemuk.

Semoga apa yang disajikan dalam jurnal edisi kedua ini dapat menjadi referensi dan rujukan, terutama bagi para praktisi dan pemerhati dunia pendidikan, serta pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan kebijakan di bidang pendidikan.

Jakarta, Februari 2023

Published

2023-02-21

Issue

Section

Preface

How to Cite

JPKP. (2023). EDITORIAL DAN DAFTAR ISI, JURNAL LITJAK, VOL. 15, NO. 2 TAHUN 2022. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 15(2), i-iii. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/index.php/litjak/article/view/679