Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah berorientasi tugas terhadap disiplin kerja guru, menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah berorientasi hubungan manusia terhadap disiplin kerja guru, dan menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah berorientasi tugas dan hubungan manusia secara simultan terhadap disiplin kerja guru. Populasi dalam penelitian ini semua guru yang tersebar di semua Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pagelaran. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling didapat sebanyak 67 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis menggunakan model persamaan regresi linier ganda. Hasil penelitian diperoleh ada tiga. Pertama, perilaku kepemimpinan berorientasi tugas berpengaruh signifikan dengan sumbangan efektif sebesar 79,50% terhadap disiplin kerja guru. Kedua, perilaku kepemimpinan berorientasi hubungan manusia berpengaruh signifikan dengan sumbangan efektif sebesar 48,00% terhadap disiplin kerja guru, Ketiga, secara bersama-sama perilaku kepemimpinan kepala sekolah berorientasi tugas dan hubungan manusia berpengaruh signifikan terhadap dispilin kerja guru, dengan nilai koefisien  korelasi (R) sebesar 0,895 dan R square (R2) sebesar 0,801 yang berarti bahwa 80,10% disiplin kerja guru ditentukan oleh perilaku kepemimpinan kepala sekolah berorientasi tugas dan hubungan manusia secara bersama-sama, dan sisanya 19,90% ditentukan oleh faktor-faktor lain.


Abstrack

This study aims to analyze the influence of leadership-oriented headmaster behavior towardteacher’s work discipline, to analyze the influence of leadership behavior of headmaster oriented human relationship to teacher work discipline, and to analyze the influence of leadershipbehavior of headmaster oriented task and human relationship simultaneously to teacher work discipline. Population in this research all teachers spread in all public elementary school in sub-district of Pagelaran. Sampling used is random sampling technique obtained as many as 67 respondents. Data were collected using questionnaire and analysis using multiple linear regression equation model. The results obtained three. First, task-oriented leadership behaviors have significant influence with effective contribution of 79.50% to teacher work discipline. Second, the behavior of leadership-oriented human relations have a significant effect with the effective contribution of 48.00% to the discipline of teachers work, Third, together the leadership behavior of headmaster task-oriented and human relations have a significant effect on teacher work dispilin, with the value of correlation coefficient (R ) of 0.895 and R square(R2) of 0.801, which means that 80.10% of the discipline of teachers is determined by the task- headed leadership behaviors of principals and human relations together, and the remaining 19.90% is determined by other factors. 

Keywords

perilaku kepemimpinan disiplin kerja behavior leadership work discipline

Article Details

References

  1. Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitan Pendidikan dan Sosial. Bandung: Penerbit Alpabeta.
  2. Ok
  3. Faruq, Umar. 2006. Perilaku Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Khadijah Surabaya. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Ok1
  4. Gibson, L James, Ivancevich, Donnelly. 1988. Organisasi dan Manajemen. Diterjemahkan oleh: Djoerban Wahid, SH. Jakarta: Penerbit Erlangga. Ok
  5. Hafidz, Abdul. 2003. Perilaku Pemimpin Kepala Sekolah (Studi Kasus di SD Ta’miriyah Surabaya). Tesis Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Ok.2
  6. Hidayat, Nurul. 2007. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMU Negeri di Kota Surabaya. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Ok3
  7. Indrafachrudi, Soekarto. 1994. Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia. ok
  8. Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi.
  9. Bandung: Remaja Rosdakarya. ok
  10. Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. ok
  11. Murtadlo, M. Ali. 2008. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SD di Kecamatan Sumobito. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Ok4
  12. Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University. ok
  13. Nurhadi, Ali. 2007. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SDN di Kabupaten Sampang. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Ok5
  14. Permadi, Dadi. 2011. Kepemimpinan mandiri (professional) Kepala Sekolah (kiat memimpin yang mengembangakn partisipasi). Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa. ok
  15. Pidarta, Made. 2005. Perencanaan Pendidikan Partisipatori, dengan Pendekatan Sistem.
  16. Jakarta: PT. Rineka Cipta. ok
  17. Pidarta, Made 1995. Peranan Kepala Sekolah pada Pendidikan Dasar. Jakarta: Gramedia Widasarana Indonesia. ok
  18. Rahayu, Sri. Sutama & Narimo, Sabar. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan Guru SMPN Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 9 No. 2:97-107 ok6
  19. Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alpabeta. ok
  20. Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2015. Perilaku Organisasi (Organizational Behavior).
  21. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Ok
  22. Saondi, Ondi & Suherman, Aris. 2015. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama.
  23. ok
  24. Soemarmo, D. 1998. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah.
  25. Jakarta: Mini Jaya Abadi. ok
  26. Stoner, James A. F and Freman, Edwar R. 1994. Manajemen. (diterjemahkan oleh Wihelmus dan Benyamin). Jakarta: Intermedia (terbitan asli tahun 1992) ok
  27. Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group. ok Sudharto. 2012. Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Suasana Kerja Terhadap
  28. Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1 (2), 212. http://id.portalgaruda.org. ok7
  29. Terek, Edit. 2015. The Impact of Leadership on the Communication Satisfaction of Primary School Teachers in Serbia. Educational Sciences: Theory & Practice. DOI: 10.12738/ estp.2015.1.2511/?q=leadership +behavior&pg=6 ok8
  30. Timpe, A. Dale., ed. 2002. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Memimpin Manusia. Terj.
  31. Sofyan Cikmat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia Anggota IKAPI. ok
  32. Toha, Miftah. 2004. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Grafindo Persada. ok
  33. Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. www. kemenag.go.id. Diakses tanggal 6 september 2016. ok
  34. Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alpabeta. ok
  35. Walker, Jeffrey A. 2009 .The Impact of Principal Leadership Behaviors on the Efficacy of New and Experienced Middle School Teachers. (Desertasi Doktor). Tersedia dari ProQuest Disertations and Theses database (UMI No. 3387319). Ok8
  36. Yukl, Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang. okWahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alpabeta. ok
  37. Walker, Jeffrey A. 2009 .The Impact of Principal Leadership Behaviors on the Efficacy of New and Experienced Middle School Teachers. (Desertasi Doktor). Tersedia dari ProQuest Disertations and Theses database (UMI No. 3387319). Ok8
  38. Yukl, Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang. ok