Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan capaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMA Negeri 1 Sungailiat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan pembelajaran, diawali dengan pengajuan pertanyaan mendasar, penyusunan desain dan jadwal kegiatan proyek, monitoring kemajuan penyelesaian proyek, menguji hasil proyek peserta didik, dan diakhiri dengan kegiatan mengevaluasi pengalaman peserta didik selama mengerjakan tugas proyek. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran terlihat dari peningkatan capaian rata-rata nilai modus untuk kompetensi sikap dengan predikat baik, untuk kompetensi pengetahuan diperoleh capaian nilai rata-rata untuk setiap Kompetensi Dasar sebesar 2,80 di Siklus pertama dan di Siklus kedua sebesar 3,10 dengan presentasi kenaikan dari Siklus pertama ke Siklus kedua sebesar 30 persen. Capaian hasil belajar untuk kompetensi keterampilan, di Siklus pertama sebesar 2,96 dan Siklus kedua sebesar 3,16 dengan presentasi kenaikan dari Siklus pertama ke Siklus kedua sebesar 20 persen. Penelitian ini disimpulkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan Turunan Fungsi.

 

Abstract

This research was conducted to improve learning outcomes of students based on achievement of competence attitudes, knowledge and skills in the second semester of academic year 2014/2015 in SMA Negeri 1 Sungailiat. This was a classroom action research (PTK) on the stages of learning, beginning with the proposition of fundamental questions, preparation of design and schedule of the project activities, monitoring of project completion progress, evaluation of learners project results, and ending with activities to evaluate the experience of learners during working on project tasks. The effectivity of the learning process could be seen through the increase in the average achievement to competence mode value, which was predicate: good (B), for the knowledge competency, the average grade achieved for each Basic Competency was 2.80 in the first cycle and 3.10 in the second cycle with 30persen increase between the first cycle to second cycle. The achievement of learning outcomes for skills competencies was 2.96 in the first cycle and 3.16 in the second cycle with 20persen increase between the first cycle to the second cycle. Itcan be concluded that PJBL model could improve students’ learning outcomes on the topic of derivative function. 

 

 

Keywords

Project Based Learning model learning outcomes competence attitudes knowledge and students’ skills. model project based learning hasil belajar kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik.

Article Details

References

  1. Bjorner, T., Kofoed, L.B., & Pederson, J.R.B. 2012. Creative in Project Work-Student’s Perception and barriers.International Journal of Engineering Education. Vol 28(3):545-553.
  2. Briggs, L. J. 1979. Instructional Design: Principles and Aplication. Engelwood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
  3. Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
  4. Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  5. Johnson, E.B. 2010. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna (Terjemahan: IbnuSetiawan).Bandung: Kaifa Learning.
  6. Karso dan Damardjo. 1993. Dasar-Dasar Pendidikan MIPA UT. Depdikbud. Jakarta.
  7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikikulum 2013 untuk Guru SMA/SMK.Jakarta: Diperbanyak oleh BPSDMK-PMP.
  8. Kemmis, S. & McTagger, R. 1990. The Action Research Planner. 3rd ed. Victoria: Deakin University.
  9. Kunandar. 2013. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Lawson, A. E. (1995). Science teaching and the development of thinking. Belmont, CA: Wadsworth Publishing Company.
  11. Lindawati, Fatmariyanti, S.D., Maftukhin, A. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta didik MAN I Kebumen. Jurnal Radiasi.Vol. 3, No.1
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian.Jakarta: diperbanyak oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  13. Purworini. 2006. Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Upaya Mengembangkan Habit of Mind: Studi Kasus di SMP Nasional KPS Balik Papan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 1 (4): 17 – 19.
  14. Rais, M. 2010. ModelProject Based–LearningSebagai UpayaMeningkatkan Prestasi Akademik Mahapeserta didik.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43, Nomor3, Oktober2010, hlm. 246–252.
  15. Ruseffendi, E.T. 1991.PenilaianPendidikandan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung. Diktat.
  16. Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
  17. Suparno, P. 2008. Action Research: Riset Tindakan untuk Pendidikan. Jakarta: Grasindo
  18. The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php
  19. Diakses tanggal 5November 2007.
  20. The George Lucas Educational Foundation.2012.Project-Based Learning Research Review. http://www.edutopia.org/pbl-research-learning-outcomes.
  21. Diakses tanggal 28Desember 2015.
  22. Thomas, J.W. 2000. A Review of Research On Project Based Learning. Electronic Journal of Science Education. San Rafael – California: The Autodesk Foundation.
  23. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  24. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Jakarta: diperbanyak oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  25. Utami, R.P., Probosari, R.M., Fatmawati, U. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal BIO-PEDAGOGI, ISSN: 2252-6897 Volume 4, Nomor 1 April 2015 Halaman 47-52
  26. Wahyu. 2009. Sikap. http://yudiuksw.multiply.com/journal/item/3. Diakses tanggal 10 Maret 2015.
  27. Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
  28. Widaningsih, D. 2010. Telaah Kurikulum Matematika Sekolah.Tasik Malaya: Paket Model PSPM FKIP UNSIL.