Main Article Content

Abstract

Abstrak

ujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, mengetahui peningkatan prestasi siswa, dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran PKn melalui tugas proyek berbantuan website. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri Gegunung Kulon, Kabupaten Rembang, semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian dianalisis dengan metode deskriptif komparatif, membandingkan proses dan hasil belajar antara praSiklus, Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian yang dilaksanakan 2 Siklus menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sampai 86 persen baik. Hasil belajar siswa juga meningkat ditandai Siklus I nilai rata-rata kelas 67,86 dan ketuntasan mencapai 57 persen. Siklus II nilai rata-rata kelas 78,57 dan ketuntasan 86 persen. Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dalam mengikuti pembelajaran serta ada perubahan perilaku siswa untuk mengikuti pembelajaran PKn melalui tugas proyek berbantuan website yang semula pasif menjadi lebih aktif. Semua siswa berminat dalam melaksakanan tugas dan memperoleh pengalaman yang menyenangkan dalam menjelajah website atau internet.

 

Abstract

The objective of this research was to describe learning process, to know how students’ learning achievement improve, and to describe the change of student behavior on civics learning through website-assisted project task. The research was done through two cycles, with grade IV students in SD Negeri Gegunung Kulon throughout the second semester of school year 2014/2015 as the subject. Research data analysis was done using descriptive comparative method, comparing the learning process and result between pra-cycle, first cycle and second cycle. The result showed positive increase of students’ activities as much as 86 percent. The improvement of students’ learning achievement in cycle I could be seen by the class average grade of 67,86 and mastery learning of 57 percent, while in cycle II the class average grade was 78,57 and mastery learning of 86 percent. The conclusion was that students’ learning activities and achievement improved and there was also a changing in students’ behavior in learning civics through website-assisted project task, from passive learning to active learning. Every student showed interest in doing the project and gaining enjoyable experience browsing the internet.

Keywords

prestasi belajar pembelajaran PKn tugas proyek website learning achievement civics project task

Article Details

References

  1. Depdiknas, 2004. Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, SD dan MI. Jakarta : Depdiknas.
  2. Harlina, Siti, Hasdin, dan Arif Firmansyah, 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Rasa Tanggungjawab dalam Pembelajaran PKn di Kelas III SDN Baho Makmur Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X, diakses dari jurnal.untad.ac.id/jurnal, tanggal 15 April 2015
  3. Haryano dan Jaino, 2008, Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Mendidik di SD, Bahan Ajar Program sertifikasi Guru dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan, Semarang : Unnes.
  4. Mampuono, 2009, Pemanfaatan Internet dan Multimedia Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Klub Guru Indonesia di Rembang, 7 Juni 2009.
  5. Pawestri, Inggit Asih, (2013). Peningkatan kualitas Pembelajarn PKn Melalui Model Direct Instruction Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang, Sripsi, Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unnes Semarang, diakses dari http://lib.unnes.ac.id/, tanggal 15 Maret 2015. Pertiwi Cyntia, Sukadi, dan I Nyoman Pursika, 2008. Penerapan Strategi Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas X Tataniaga B Di SMK Negeri 1 Singaraja, diakses dari ejournal.undiksha.ac.id, tanggal 15 Maret 2015
  6. Prayoga Bestari dan Ati Sumiati, 2008, Pendidikan Kewarganegaraan, Untuk SD dan MI Kelas IV, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  7. Rahmawati, Fitri, 2008. Model Pembelajaran e-LearningUntuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta : UNY
  8. Ruminiati, 2008. Bahan Ajar Cetak, Pembelajaran PKn SD. Jakarta : Konsorsium Program PJJ S1 PGSD, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Solikhin, Akhmad, 2008. Penggunaan ICT (Information, Communication and Technology) Dalam Pembelajaran: Perspektif Mata Pelajaran Matematika, IPA, IPS dan PKn di Sekolah Dasar. diakses dari http://akhmadsolikhin.worpress.com, tanggal 15 Maret 2015
  9. Tijan, 2008, Pendidikan Kewarganegaraan SD, Bahan Ajar Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan, Semarang : Unnes.