Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan dan dampak pemanfaatan program bantuan DIA BERMUTU. Penelitian ini dilakukan pada 12 perguruan tinggi yang mendapatkan program bantuan DIA BERMUTU dengan metode survey dan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara. Hasil penelitiannya adalah program DIA BERMUTU telah dimanfaatkan dan digunakan oleh penerima bantuan untuk peningkatan pengelolaan prodi PGSD. Pemanfaatannya dilakukan melalui program dan kegiatan diantaranya peningkatan kapasitas SDM, peningkatan mutu proses pembelajaran, peningkatan kelengkapan sarana prasarana dan system informasi, dan peningkatan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Dampak dari pemanfaatan tersebut adalah terfasilitasinya prodi PGSD untuk memperoleh akreditasi lebih baik, serta menjadi stimulus prodi PGSD dalam merencanakan pengelolaan yang berkualitas, akuntabel, dan berorientasi pada pencapaian output yang BERMUTU secara berkesinambungan.

 

Abstract

This research was carried out to find out the utilization of DIA BERMUTU Program and the effect of its utilization. The research was conducted in 12 universities, the grantees of DIA BERMUTU program, using survey method and interview as its data collection technique. The result showed that DIA BERMUTU program had been utilized and used by the grantees to improve the PGSD study program management through various programs and activities such as human resource capacity development, learning process quality improvement, enhancement of information system and infrastructure, and development of research and community services. DIA BERMUTU program could facilitate the PGSD Study Program to get a better accreditation level. Beside that, this program can also stimulate PGSD Study Program to have better plan toward more qualified, accountable, and sustainable-qualified-output-oriented management.

 

 

Keywords

Efektivitas DIA BERMUTU Prodi PGSD Effectivity PGSD study program

Article Details

References

  1. Arcaro, Jerome S. 2007. Pendidikan berbasis mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  2. Gasperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  3. Chatab Nevizond.2007. Profil Budaya Organisasi. Bandung: Alfabeta
  4. Ditjen Dikti. 2008. Mekanisme pengajuan bantuan DIA BERMUTU. Jakarta: Kemdiknas
  5. Huysman, M. and Wit, D. 2003. A critical evaluation of knowledge management practices. Beyond management: MIT Press
  6. Ghozali, dkk. 2013. Strategi pembiayaan dan pendanaan pendidikan di Indonesia. Jakarta: Balitbang-Kemdikbud
  7. Iriani, Yani; Riena Oktariana; dan Sri Lestari. .2007. Pengaruh status akreditasi terhadap minat studi mahasiswa di Universitas Widyatama. Bandung: Universitas Widyatama
  8. Kommaruddin. 1994. Ensiklopedia Manajemen. Bumi Aksara: Jakarta
  9. Steers, M. Richard. 1985. Efektifitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
  10. Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  11. Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  12. Wirawan, Muhammad. 2012. Evaluasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal: Administrasi Publik (JAP), Vol. 13, No. 1, Hal. 12-15 Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang.