Main Article Content

Abstract

Abstrak

Teknologi komputasi awan saat ini sedang berkembang dengan pesat, hal ini tentunya dikarenakan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan serta karakteristik layanannya yang menjadikan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah alat yang lebih efisien dan efektif. Dunia pendidikan yang sudah mulai banyak menggunakankomputasi awanatau disebut dengan pendidikan awan. Penelitian kali ini dilakukan dengan sebuah kajian analisis pemanfaatan dari komputasi awan dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang berada di daerah-daerah pinggiran sesuai dengan program Nawacita dari Pemerintahan Jokowi-JK, pemenuhan 21st century learning skills dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Dalam kajian ini memperlihatkan bahwa pendidikan menggunakan komputasi awantidak hanya menawarkan sebuah cara dan model pembelajaran baru yang bersifat out of box untuk menghilangkan permasalahan geografis dan ketidakmerataan sumber daya pendidikan yang ada pada “daerah pinggiranâ€, akan tetapi lebih kepada upaya untuk membangun budaya baru dalam belajar. Sehingga dalam rangka pengintegrasian teknologi komputasi awan ke dalam sistem pendidikan diperlukan peranan pemerintah melalui regulasi pendukung, mendukung peran dari PUSTEKKOM sebagai pusat pelayanan dan pembangunan budaya baru belajar menggunakan teknologi komputasi awan.

 

Abstract

Abstract: Today the developing of cloud computing technology is arising, this is because of the advantages that offering and service characteristic by cloud computing what making information and communication technology as an effective and efficiency device. This is also making education world starts to use cloud computing technology or we can call cloud education.This research will discuss about cloud education role to help increasing quality of education, especially where at the edge areas as Nawa Cita of Jokowi-JK’s Government, 21stcentury learning skills and education for sustainable development. In this study, education using cloud computing not only offers a new stance of learning and a new model of learning but also solving problem with out of box way such as geographical obstacles and unbalance educational resources in “daerah pinggiranâ€, but rather to build a new culture of learning. So, in order to further integration of cloud computing to education system through government with supporting regulation, supporting PUSTEKKOM as serviced central of cloud education and preparing for a new stance of learning using cloud computing technology.

 

 

Keywords

pendidikan awan pembelajaran mutu pendidikan cloud education learning quality of education

Article Details

References

  1. Amandemen Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dalam http://jdih.ristek.go.id/?q=perundangan/konten/1828.
  2. Arri Handayani, dkk, 2011. Peningkatan Kualitas Pos Paud Melalui Pengembangan Program Holistik Integratif (Penelitian Tindakan Pada Pos PAUD Se-Kalurahan Penggaron Kidul), dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6983&val=530. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No.1, November 2011.
  3. BPS Banjarmasin, 2015. Banjarmasin Dalam Angka 2015. BPS Kota Banjarmasin, 2015.
  4. Direktorat Pembinaan PAUD, 2014. NSPK, Norma,Standar, Prosedur, dan Kriteria Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan PAUD, Jakarta, 2014.
  5. Direktorat Pembinaan PAUD, 2014. NSPK, Norma,Standar, Prosedur, dan Kriteria Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan PAUD. Jakarta, 2014.
  6. Hiryanto, dkk. (tanpa tahun). Pemetaan Tingkat Pencapaian Mutu Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Propinsi DIY, dalam http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ penelitian/Drs.%20Hiryanto,%20M.Si./artikel.Pemetaan%20Tingkat%20Pencapain%20Mutu%20PAUD.pdf. Hasil Penelitian Research Grant Program Hibah Kompetisi (PHK) A-2 Prodi PLS
  7. M.A. Mukhyi, (1991). Buku Seri Diklat Pengantar Manajemen Umum (Untuk STMIK), Gunadarma. Jakarta, 1991.
  8. Manap Somantri, 2014. Buku Perencanaan Pendidikan dalam http://repository.unib.ac.id/8045/1/B12%20Manap,%202013%20-%20BUKU%20. IPB Press, Bogor 2014.
  9. Puslitjak, 2014. Efektifitas Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta, 2014.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta, 2015.
  11. Sigit Dwi Handoko, 2014. Penyelenggaraan Program Di Pos Paud Cinta Ibu Di Desa Pangempon Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, dalam http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc. Unes, Semarang 2014.
  12. Undang-undang Republik Indonesia Nomo 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Cetakan Ketiga. Jakarta, 2006.