Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan matematika monopoli tic tac toe yang efektif dan praktis untuk menarik siswa mempelajari penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa yang belum mahir melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang merupakan materi awal yang diajarkan di kelas VII SMP sehingga keberhasilan pembelajaran kurang maksimal. Model desain pembelajaran yang digunakan adalah desain model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Pada tahap pengembangan (Development), metode pengembangan media pembelajaran ini menggunakan beberapa langkah model pengembangan (Borg and Gall), terdiri dari 5 tahapan utama, yaitu 1) Desain awal produk, 2) uji coba produk tahap I, 3) Revisi produk operasional, 4) Uji coba produk tahap II, dan 5) Produk. Subyek uji coba penelitian sejumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi kelayakan media pembelajaran, angket respon siswa, dan foto dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan telah berhasil membangkitkan minat siswa untuk mempelajari matematika khususnya penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat karena aspek keefektifan dan kepraktisan pada kriteria layak untuk digunakan serta respon siswa yang semakin positif sehingga media yang dikembangkan ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada umumnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli tic tac toe mampu membuat siswa untuk berusaha mencari tahu tentang materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan dapat memberikan pengalaman baru yang berarti bagi siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para guru maupun peneliti termotivasi menemukan formula-formula baru bagi sistem pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan.

 

Abstract

Abstract: This research was aimed developing the mathematics game media named monopoli tic tac toe which attrack students to learn about additon and substraction of integer number more effectively and practically. It was based of some students still uncapable to solve this operation number in grade VII SMP therefore impact deficient of learning success. The procedure used in this research was the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). The Development used Borg and Gall model which consisted of five stages, namely: 1) first product design, 2) first trial, 3) revise operational product, 4) second trial, and 5) final product. The subjects were 28 students. The instruments consist of validation learning media form, student response form, and documentation photos. The result of research showed the increase of student interests to learn mathematics, specially the addition and substraction integer number. It causes by effective and practical aspects of suitables criteria and response of students more positive therefore this media could increase the result of learning in generally.The conclution of the results are monopoli tic tac toe interests student to have more effort to know about addition and substraction of integer number. Then, giving new experience for the student also. Hopefully by this research, the teacher and researcher were motivated to discover new formulas of teaching and learning inovation which improve the education quality.

 

 

Keywords

Media pembelajaran penelitian pengembangan tic tac toe penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. learning media development research addition and substraction integer number.

Article Details

References

  1. Abu Syafik. 2012. Permainan Matematika Sebagai Metode Alternatif dalam Pembelajaran Matematika pada SiswaKelas I Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.
  2. Bahri, Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
  3. Benny. Pengertian dan Perkembagan Konsep Media Pembelajaran serta Teori Belajar yang Melandasinya. Dunduh dari http://belajar.kemdikbud.go.id. pada tanggal 17 April 2015.
  4. Burhanuddin. Konsep Dasar Pembelajaran Inovatif. Diunduh dari afidburhanuddin.wordpress.com. pada tanggal 13 April 2015.
  5. Dimyati, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.
  6. Farida. 2013. Angket Respon Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL).Diunduh dari http://faridatulmuna6987.blogspot.com/2013/06/angket-respon-siswa-terhadap.html. pada tanggal 3 Mei 2015.
  7. Hadis, A. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  8. Nana,Syaodih dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
  9. Pusbanglitbang. 2008. Pedoman Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.
  10. Ramadhan, A. Tarmizi. (2008). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Diunduh dari tarmizi.wordpress.com. pada tanggal 17 April 2015.
  11. Sabila, Ervinda.Desain Pembelajaran. Diunduh dari http://ervindasabila.blogspot.com. pada tanggal 13 April 2015.
  12. Salman, M. 2007. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan yang Terkait dengan Pembelajaran Matematika. Kelompok Keahlian Matematika Kombinatorika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung.
  13. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.
  14. Setyana, Putra. Perencanaan, Pembelajaran dan Model Pembelajaran ADDIE. Diunduh dari putrawijilsetyana.wordpress.com.pada tanggal 17 April 2015.
  15. Sigit, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Yang Berkualitas. Karya Tulis: Disajikan pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Fakultas FIP Universitas Negeri Semarang pada Tanggal 2 – 3 April 2008di Gedung Serbaguna FIP.
  16. Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  17. Sukayati. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
  18. Syah, Muhibbin. 2009. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).PLPG Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
  19. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  20. Wanda. Model Pembelajaran Monopoli Paikem. Diunduh dari https://dossuwanda.wordpress.com. pada tanggal 22 April 2015.
  21. Wibowo. 2013. Sejarah Permainan Tic Tac Toe. Diunduh dari http://kotaksederhana.blogspot.com/. pada tanggal 21 April 2015