Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji proses pembelajaran matematika dan menganalisis peningkatan prestasi belajar melalui permainan mistar bilangan. Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Temengeng Kabupaten Blora pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Teknikanalisis yang digunakandeskriptif komparatif, yaitu membandingkan data hasil antara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian yang dilaksanakan 2 siklus menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan mistar bilangan sangat menyenangkan siswa, sehingga aktivitas pembelajaran meningkat dari 62,5 menjadi 84,5. Hasil belajar siswa juga meningkat ditandai hasil siklus I nilai rata-rata kelas 60,48 dan ketuntasan mencapai 57,10%. Siklus II nilai rata-rata kelas 75,24 dan ketuntasan 85,70%. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui permainan mistar bilangan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar menunjukkan semua siswa berminat dalam melaksanakan tugas dan memperoleh pengalaman yang menyenangkan dalam permainan mistar bilangan.

 

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to study the learningprocess ofmath and analyse increasing of learning achievement through rulernumbers game. The method usedin this research is class action which is done in2 cycles. The subject of the research are fourth grade students of Number 2 PublicElementary Schoolat Temengeng, Blora district in second semester of the school year 2014/2015. The analysetechnicusedby comparingthe data from precycle, first cycle and second cycle. The results of the research that is done two cycles indicate that math learning process by using ruler numbers game can make the students feel pleased so thatlearning activities increase from 62.5 to 84.5. The results of student learning alsoincrease, it can be showed from the average score of the first cycle is 60.48 and the completeness score reaches57.1%. The average score of thesecond cycle is 75.24 and the completeness score reaches 85.7%. The conclusion of the research ismath learning about addition and deduction of integer through ruler numbers game can improve learning activity and the results of student learning show that all students are interested to obtain the task and get moreenjoyable experience in using rulernumbers game.

 

 

Keywords

learningachievement integers rulernumbers game prestasi belajar bilangan bulat permainan mistar bilangan

Article Details

References

  1. David, Glover, 2006. Seri Ensiklopedia Anak, A – Z, Matematika, Volume 3 Q-Z. Bandung: Grafindo Media Pratama.
  2. Dewi, Ike Ligasari, 2011. Penggunaan Garis Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Karangduren Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, diakses dari http://eprints.uns.ac.id, tanggal 2 April 2015.
  3. Dwiyanto, 2008. Teori-Teori Belajar Matematika. Semarang: Unnes.
  4. Haryono dan Jaino, 2008. Bahan Ajar, Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik di SD, Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan. Semarang: Unnes.
  5. Mustaqim, Burhan & Ary Astuti, 2008. Ayo Belajar Matematika, Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  6. Pribadi, Triono, dan Joharman, 2012. Penggunaan Media Mistar Geser dalam Peningkatan Pembelajaran Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV Sekolah Dasar,diakses dari jurnal.fkip.uns.ac.id, tanggal 1 April 2015.
  7. Setyaningsih, 2014. Penggunaan Media Mistar Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar.Jurnal PGSD,Volume 02, Nomor 02 Tahun 2014, PGD FIP Unesa, diakses dari ejournal.unesa.ac.id/article, tanggal 1 April 2015. 3
  8. Sugiarto dan Isti Hidayah, 2008. Buku Petunjuk Penggunan Alat Peraga Matematika UntukPendidikan Dasar Sesuai Dengan KTSP. Semarang: Laboratorium Matematika Unnes.
  9. Suhardi, 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Penguranngan Pada Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Media Mistar Bilangan Kelas V A SDN Guwosari Kabupaten Bantul. Tesis, Skripsi, diakses dari http://eprints.uny.ac.id, tanggal 2 April 2015.
  10. Sukmawati, Lina, 2013. Peningkatan Keterampilan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Metode Inquiri Pada Siswa Kelas II SD Negeri Dadirejo 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Skrisi, diakses dari eprints.ums.ac.id, tanggal 3 April 2015.
  11. Sumantri, Mulyani, 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  12. Surojo, Hudiono, dan Usman, 2013. Pemanfaatan Media Mistar Hitung Untuk Pemerolehan Hasil Belajar Bilangan Bulat di Kelas VII.Tesis, diakses dari jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article, tanggal 1 April 2015.
  13. Untari, Tri, 2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teachingg Pada Siswa Kelas IV SDN Kulwaru Kulon. Skripsi, diakses dari eprints.uny.ac.id/13961/1/SKRIPSI, tanggal 4 April 2015.
  14. Vancleave’s, Janice, 2006. Matematika untuk Anak, Kegiatan-Kegiatan Sederhana yang Membuat Belajar Matematika Menjadi Menyenangkan. Bandung: Pakar Raya.
  15. Widiastuti, 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Lidi Pada Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Banaran Semester
  16. II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi PGSD, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, diakses dari repository.uksw.edu, tanggal 3 April 2015.