Main Article Content

Abstract

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan listening skill( keterampilan mendengarkan) siswa mata pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode dikte dan menemukan keefektifan metode dikte dalam upaya meningkatkan kemampuan keterampilan mendengarkan siswa pada teks deskriptif siswa kelas VII D SMP Negeri 22 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di semester I tahun ajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII D SMP Negeri 22 Surakarta. Obyek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan keterampilan mendengarkan pelajaran bahasa Inggris pada teks deskriptif dengan metode dikte. Penelitian Tindakan kelas ini mencakup 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil temuan dari penelitian tindakan kelas adalah (1) kemampuan keterampilan mendengarkan siswa meningkat dengan penggunaan metode dikte,(2) rata-rata nilai siswa dalam tindakan prasiklus 54,84% termasuk kategori “ kurangâ€, rata- rata nilai siswa dalam siklus 1 adalah 70,47% termasuk kategori “cukupâ€, rata-rata nilai siswa dalam siklus 2 adalah 77,34% termasuk kategori “baikâ€. (3) Pencapaian kompetensi listening skill di ukur dengan metode dikte yang menunjukkan peningkatan dari hasil penelitian dari prasiklus sampai siklus II.

 

 

Abstract

This research has goal to improve listening skill competence with dictation in English and find out the effectiveness of dictation method to improve listening skill competence in descriptive text for students SMP Negeri 22 Surakarta. This classroom action research was done in semester I academic year 2018/2019. The subjects of this research were students of class VII D SMP Negeri 22 Surakarta.The object of this research improve listening skill competence in descriptive text with dictation method. This classroom action research include 2 cycles , each cycles consists of 4 steps ;(1) planning,(2) action,(3) observation,(4) reflection. The result of finding this classroom action research can be explained as follow:(1) students’s listening skill competence improve with using dictation method,(2) the average score of students in pre-cycle is 54,84% in category “poorâ€,the average score of students in cycle I is 70,47% in category “enoughâ€, the average score in cycle II is 77,34% in categoryâ€goodâ€. (3) the achievement of listening skill competence is measured with dictation method which showed the improvement of the research result from pre-cycle to cycle II

 

 

Article Details

References

  1. Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices.
  2. USA:Pearson Education, Inc.
  3. Destiowati Eni. 2016. The Effectiveness of Using Reading Guide Method in Teaching Descriptive Text at The Seventh Grade of SMP Kasatriyan 1 Surakarta in The Academic Year of 2015/2016.Skripsi.English Education Department Islamic Education and Teacher Training Faculty The State Islamic Institute of Surakarta.
  4. Dimyati, dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  5. Majid Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Mulyadi.2010. Membuat Judul Dalam Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah. Semarang:Kementerian Pendidikan Nasional Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah.
  7. Mustofa, Syaiful .2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Super Inovatif. Malang : UIN- MALIKI PRESS