Main Article Content

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievements Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Pantai Labu. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan secara observasi
dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pesentase ketuntasan klasikal pada kondisi siklus I sebesar 46,15%, dan pada siklus II sebesar 86,38% atau meningkat sebesar 40,23%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan volume kubus dan balok di kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Pantai Labu Tahun Ajaran 2015/2016.

Article Details

Author Biography

Kamila Harahap

SMP Negeri 3 Pantai Labu
Jalan Pantai labu, Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara