Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan level motivasi siswa terhadap pembelajaran fisika berpendekatan saintifik. Hal ini penting karena motivasi berkorelasi positif dengan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan jumlah responden 24 siswa kelas X di SMK Al Munawwariyyah, Malang pada semester genap tahun pelajaran 2017-2018. Kuisioner terdiri atas 6 domain yaitu physics learning value, active learning strategies, self-efficacy, performance goal, Achievement goal, dan Learning Environment Stimulation. Domain physics learning value menunjukkan bahwa sekitar 75% menyatakan bahwa fisika adalah penting dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Domain active learning strategies menunjukkan bahwa sekitar 50% siswa aktif dalam menghubungkan konsep dengan pengalaman sebelumnya. Domain self-efficacy menunjukkan sekitar 50% berkeyakinan dapat memahami fisika dengan baik, tetapi hanya sekitar 30% yang berkeyakinan mampu menyelesaikan soal fisika dan cenderung menyerah saat bertemu dengan soal yang sulit. Domain performance goal menunjukkan bahwa 50% siswa berusaha aktif agar mendapatkan nilai yang baik, tetapi tidak bertujuan untuk kelihatan lebih baik dari yang lain maupun mendapatkan perhatian dari guru. Domain Achievement goal menunjukkan bahwa sekitar 60% saja yang merasa puas dengan nilai baik, tetapi 96% siswa lebih puas ketika mampu memahami dan memecahkan masalah fisika. Domain Learning Environment Stimulation menunjukkan bahwa lebih dari 60% siswa berpartisipasi aktif di kelas karena guru menggunakan berbagai macam metode, tidak menekan siswa, memfasilitasi siswa untuk aktif dalam setiap kegiatan baik teori maupun praktek. Temuan ini bermanfaat dalam penyusunan pembelajaran fisika lebih lanjut yang mempertimbangankan faktor motivasi agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas fisika.

Article Details

References

  1. Artikel Jurnal
  2. Andressa, H., Mavrikaki, E., & Dermitzaki, I. 2015. Adaptation of The Students' Motivation Toward Science Learning Questionnaire to Measure Greek Students' Motivation Towards Biology Learning. International Journal of Biology Education, 78-93.
  3. Dermitzaki, I., Stavroussi, P., Vavougios, D., & Kotsis, K. T. 2013. Adaptation of the Students' Motivation Towards Science Learning (SMTSL) questionnaire in the Greek Language. Eur J Psychol Educ 28, 747 - 766.
  4. Ding, L., & Beichner, R. 2009. Approaches to data analysis of multiple-choice questions. Physical Review Special Topics-Physics Education Reseach 5, 1-17.
  5. Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita. 2016. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 108-114.
  6. Sevinc, B., Ozmen, H., & Yigit, N. 2011. Investigation of primary students' motivation levels towards science learning. Science Education international, 218-232.
  7. Tuan, H.-L., Chin, C.-C., & Shieh, S.-H. 2005. The Development of a questionnaire to measure students motivation towards science learning. International Journal of Science Education, 639-654.
  8. Buku
  9. Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.