Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form, dan Diskusi Kelompok Terpumpun. Penelitian dilaksanakan di 12 wilayah kabupaten/kota di Jawa dan luar Jawa dengan metode stratified random sampling dengan kriteria jumlah wilayah penerimaan Bantuan Operasional Pendidikan kategori besar, sedang dan kecil. Hasil penelitian menunjukkan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di semua wilayah sampel cukup efektif dalam membantu biaya operasional, meningkatkan kegiatan pembelajaran, dan meringankan beban pembiayaan orang tua siswa, namun penerimaan dana belum tepat waktu dan pemanfaatan dana juga belum sesuai dengan petunjuk teknis. Kontribusi dana Bantuan Operasional Penyelenggeraan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Kelompok Bermain sebesar 59%, Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis sebesar 56%, Taman Kanak-kanak 33% dan Tempat Peneitipan Anak sebesar 29%. Kesimpulan penelitian yaitu Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini cukup efektif dalam membantu biaya operasional, meningkatkan pembelajaran dan meringankan beban orangtua, dan berkontribusi cukup besar dalam biaya operasional Pendidikan Anak usia Dini. Ketepatan waktu penerimaan dana dan kesesuaian penggunaan dana perlu mendapat perhatian.

Keywords

efektititas PAUD Pemanfaatan dana BOP PAUD Evaluasi BOP PAUD Evaluasi BOP PAUD

Article Details

References

  1. Aisyah, Siti. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
  2. Anonim. 2016. Penjelasan Juknis BOP PAUD 2016. http://bangimam-berbagi.blogspot.co.id/2016/02/juknis-bop-paud-2016.html diunduh 4 September 2016.
  3. Arna Ristiyanti Tarida, S.Si. 2019. Analisis Efektivitas Program BOP PAUD Pada Satuan Pendidikan Tahun 2018. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
  4. Bungkaes H.R, J. H. Posumah, Burhanuddin Kiyai. 2013. Hubungan Efektifitas Pengelolaan Program Raskin dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepualauan Talaud. Acta Diurna, vol. - (-): 1-23
  5. Daftar penerima Bansos atau BOP PAUD tahun 2016. http://www.volimaniak.com/2016/03/daftar-penerima-bansos-atau-bop-paud.html. Diunduh 4 September 2016.
  6. Direktorat Pembinaan PAUD. 2019. Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Direktorat Pembinaan PAUD. 2016. Data Pokok Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Emilda Sulasmi. 2020. Evaluation of the Operational Assistance Management (BOP) Management Funding Program At The Bengkulu City PAUD Institution. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, Vol 1 No 1.
  9. Erfy Melani Lalupanda. 2019. Evaluasi Implementasi Program BOP PAUD. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), Volume 3.
  10. Felayati dan Yaswinda. 2020. Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1).
  11. Fitriani, Jauhar Arifin, Rahmi Hayati. 2019. Evaluasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Pendidikan Di Taman Kanak Kanak Tunas Harapan Pamarangan Kiwa. JAPB, Vol. 2, No. 2
  12. Florentina Reni Swastika, Indarja, Amiek Soemarmi. 2016. Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Di Kabupaten Karanganyar (Studi Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini). Diponegoro Law Journal, Volume 5, Nomor 3.
  13. Hamzah, Amriani. 2013. Perilaku Organisasi. Makasar: Universitas Negeri Makasar.
  14. Ika Nurul Qamari, Leli Joko Suryono. 2017. Peningkatan Kualitas Layanan Dan Tata Kelola Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Jurnal BERDIKARI, Vol.5 No.2 Agustus.
  15. Komaruddin. 1994. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
  16. Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. APK/APM PAUD, SD, SMP,dan SM termasuk Madrasah dan Sederajat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  17. Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola Profesional. Jakarta: PT. Efek Media Komputindo.
  18. Morrison, G. S. 2008. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. diterjemahkan oleh Suci Ramadhona. 2012. Jakarta: PT Indeks.
  19. Mulyasa, E. 2002. Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  20. Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan Berbasis Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
  21. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang pendanaan pendidikan. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan
  22. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasonal PAUD. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan
  23. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Penggunaan Dana BOP Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan
  24. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Penggunaan Dana BOP Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan
  25. Rahayu, Nur’aini, 2015. Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fatimah Desa Purbayan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana, IAIN Surakarta.
  26. Rahayu, Subagyo 2019. Implementasi Program Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) pada TK Negeri di Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Tesis STIE Widya Wiwaha.
  27. Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
  28. Schunk, Dale H. 2012. Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  29. Siagian, Sondang. P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  30. Steers, Richard. M. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga
  31. Sujiono, Bambang. 2012. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  32. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  33. Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  34. Suyadi (2010). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.
  35. Tedjawati, 2012. Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Studi Kasus di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 5 (2), hlm. 227-238.
  36. Tedjawati, 2013. Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19 (3), hlm. 346-363.
  37. Trianto. 2011. Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
  38. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  39. UNICEF. 2009. Holistic ECD for All in Indonesia: Supporting Communities to Close the Gap (PAUD Holistik Untuk Semua di Indonesia: Mendukung Masyarakat dalam Menjembatani Kesenjangan).
  40. Waluyo Basuki, Zamrotul Khasanah, Farida Widyawati, Aniek Sugianti. 2019. Evaluasi Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik BOP PAUD di Jawa Tengah Tahun 2018. Jurnal PAUD & DIKMAS, Edisi Juni.
  41. Yamin, Martinis. dan Sanan, Jamilah, S. 2012. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP Press.