Main Article Content

Abstract

Pada tahun ini, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia, Nomor 85/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I tahun 2020, tanggal 1 April 2020, Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (JPKP) telah ditetapkan sebagai Jurnal Terakreditasi Peringkat 5. Capaian tersebut menjadi pendorong bagi peningkatan kualitas JPKP pada terbitan-terbitan selanjutnya melalui peningkatan mutu artikel dan penampilan jurnal dari segi desain dan tata letak.


JPKP Volume 12 nomor 1 tahun 2020 memuat enam artikel dengan topik-topik yang bervariasi mulai dari pendidikan karakter, evaluasi pembelajaran, beban kerja guru, perilaku hidup sehat siswa, dan pemberian dana BOP PAUD. Asyraf Suryadin membahas tentang pola pendidikan karakter yang dapat diketahui melalui bentuk kasus kenakalan remaja serta perilaku negatif dikalangan remaja. Sedangkan, Ikhya Ulumudin menyoroti tentang penerapan kurikulum yang sudah memuat kompetensi abad 21 di Indonesia yang tidak sejalan dengan hasil Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 yang mengalami penurunan, hal tersebut ada kaitannya dengan proses pembelajaran yang pada kegiatan pendahuluan sudah sangat baik namun pada kegiatan inti dan penutup masih tergolong cukup terutama pada pelaksanaan pembelajaran saintifik dan dorongan guru dalam pengembangan metakognisi. Adapun Simon Sili Sabon menemukan bahwa masih banyak guru yang terkendala dalam pemenuhan beban kerja minimal sehingga mereka kehilangan peluang untuk mendapatkan tunjangan profesi.


Selanjutnya, Acep Saepul Rahmat dan kawan-kawan, menyajikan bagaimana model pembelajaran berbasis inquiry dengan bantuan media games book dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Sementara itu, Teguh Suriyadi menyatakan bahwa perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah yang berlokasi di sekitar pasar belum memuaskan karena masih banyak siswa SD yang belum menerapkan perilaku hidup sehat. Terakhir, Sudiyono dan Yunita Murdianingrum menyampaikan bahwa pemberian dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk Pendidikan Anak Usia Dini cukup efektif dalam membantu biaya operasional, meningkatkan kegiatan pembelajaran, dan meringankan beban pembiayaan orang tua siswa, namun penerimaan dana belum tepat waktu dan pemanfaatan dana juga belum sesuai dengan petunjuk teknis.


Keenam artikel tersebut diharapkan dapat memperkaya pengetahuan, wawasan, dan daya kritis para pembaca terhadap kebijakan pendidikan. Akhir kata, Dewan Redaksi Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan mengucapkan selamat membaca dan semoga mendapatkan manfaat dari artikel-artikel yang disajikan.

Article Details