Main Article Content

Abstract

Pada tahun ini, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia, Nomor 85/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I tahun 2020,  Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (JPKP) telah ditetapkan sebagai Jurnal Terakreditasi Peringkat 5. Capaian tersebut menjadi pendorong bagi peningkatan kualitas JPKP pada terbitan-terbitan selanjutnya melalui peningkatan mutu artikel dan penampilan jurnal dari segi desain dan lay out.


Sebagaimana terbitan terdahulu, JPKP Volume 12 nomor2 tahun 2020 ini  menampilkan topik-topik yang bervariasi, mulai dari kebijakan sekolah, peningkatan mutu pembelajaran, pendanaan pendidikan, sampai budaya literasi.  Dwirtya Sobat Ady Dharma membahas tentang kebijakan strategis di sekolah dalam pengurangan risiko bencana (PRB)  pada masa pandemi tanpa mengurangi strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan juga mampu memfasilitasi warga sekolah untuk menjalankan fungsinya dengan optimal.  Selanjutnya, Mariani dkk, menyoroti tentang sikap dan perilaku disiplin siswa SMK dalam menggunakan alat pelindung diri dalam rangka penerapan keselamatan dan kesehatan kerja ketika melakukan praktik di bengkel/laboratorium/dapur.    


Selain itu,  Bambang Suwardi Joko menulis tentang upaya-upaya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP dalam mengoptimalkan profesionalisme guru di tengah kendala dan keterbatasan.  Sementara  Zainul Mustofa menyampaikan penguasaan siswa SMK bidang Teknik Komputer dan Jaringan untuk topik Pengukuran dengan menggunakan media zipgrade.   


Meiynana dan Sari Viciawati Machdum, menyoroti keberhasilan penerapan PIP dengan dukungan empat aspek yang saling terkait yaitu komunikasi yang baik, koordinasi antar unsur yang terlibat, sumber daya yang memadai, dan birokrasi yang menjalankan peran dan fungsinya secara baik. Kemudian, M. Zaenul Muttaqin membahas bagaimana Komunitas Lontar menjalankan strategi penyebaran literasi dengan memanfaatkan ruang publik untuk melapak buku, diskusi ilmiah dan penulisan di dalam ruang kelas, serta memanfaatkan media sosial untuk kampanye literasi   di dua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Semua artikel tersebut diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan daya kritis para pembaca terhadap kebijakan pendidikan. Akhir kata, Dewan Redaksi Jurnal  Penelitian Kebijakan Pendidikan mengucapkan selamat membaca dan semoga mendapatkan manfaat dari artikel-artikel yang disajikan.

Article Details