EVALUASI PROGRAM BANTUAN PENGUATAN BUDAYA KERJA SMK DI JAWA TENGAH

Authors

  • Noris Rahmatullah Kemendikbudristek

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i1.620

Keywords:

bantuan pemerintah, budaya kerja, evaluasi program, goal oriented, SMK

Abstract

Program Bantuan Pemerintah Fasilitasi Sekolah yang Mendapatkan Penguatan Budaya Kerja dilaksanakan pada tahun 2020 kepada 170 SMK di seluruh Indonesia. Program ini bertujuan membantu SMK memperkuat budaya kerja melalui pelibatan dunia kerja yang sesuai dengan kompetensi keahlian di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketercapaian tujuan program. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi Goal Oriented yang dikenalkan oleh Tyler. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Responden yang dijadikan sumber data adalah kepala sekolah atau pengelola program bantuan di SMK. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang menjabarkan data-data dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerima bantuan termotivasi untuk menyusun dan menjalankan program. Peserta didik dari sekolah penerima bantuan termotivasi dan antusias dalam mengikuti program. Pembentukan generasi muda tangguh terlihat dari penerapan budaya kerja kepada seluruh warga sekolah yang didukung oleh orang tua peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa program bantuan penguatan budaya kerja tahun 2020 di Provinsi Jawa Tengah berjalan dengan baik. Tujuan program telah terlaksana dengan baik. Seluruh sekolah penerima bantuan melaksanakan program dan mengimplementasikan budaya kerja di sekolah. Sekolah melibatkan dunia kerja dalam merancang dan melaksanakan program budaya kerja.

References

Akhimelita, Sumarto, & Abdullah, A. G. (2020). Model pendidikan karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 05(01), 27-33.

Anggeline, K. D., Meitriana, M. A., & Sujana, I. N. (2017). Pengaruh budaya kerja terhadap kinerja karyawan DI PT. BPR Nusamba Kubutambahan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 09(02), 441-450.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 01(02), 233-238.

Arminiyetti. (2019). Tutor teman sebaya untuk meningkatkan efektifitas belajar jurnal akuntansi keuangan bagi siswa SMKN 1 Rengat. Journal of Education Informatic Technology and Science, 01(02), 111-120.

Azwardi. (2021). Penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tembilahan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 261-274.

Baharudin, R. Y., & Cholik, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran Pocket Book berbasis android pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(01), 133-138.

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 04(02), 164-180.

Benson, A. P., Hinn, D. M., & Lloyd, C. (2001). Advances in program evaluation (Vol. 07). Oxford, England: Elsevier Science. Darodjat, & Wahyudhiana. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Islamadina, XIV(01), 1-28.

Devi, M. Y., Hidayanthi, R., & Fitria, Y. (2022). Model-model evaluasi pendidikan dan model sepuluh langkah dalam penilaian. Jurnal Baciedu, 06(01), 679 - 683.

Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(02), 231-242. Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 01(02), 25-29.

Husnita, & Suparno. (2020). Pendidikan karakter dan prakerin berpengaruh terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 03(03), 428-438.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta, Indonesia: Pandiva Buku.

Kusbandono, D. (2018). Penerapan budaya kerja dan motivasi kerja dalam rangka peningkatan kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, III(03), 776-794.

Lestari, I., & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 05(02), 183-194.

Lestari, W. D., & Sholeh, M. (2021). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(02), 312-326.

Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia. Jurnal AKuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28-37.

Mustangin, Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses perencanaan pendidikan nonformal untuk peningkatan kapasitas teknologi pelaku UMKM. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 05(03), 414-420.

Ngadi. (2014). Relevansi pendidikan kejuruan terhadap pasar kerja di Kota Salatiga. Jurnal Kependudukan Indonesia, 09(01), 59 - 70.

Novalinda, R., Ambiyar, & Rizal, F. (2020). Pendekatan evaluasi program Tyler: goal-oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(01), 137-146.

Nurman, M. (2016). Evaluasi program pendidikan: “Pendekatan evaluasi program berorientasi tujuan (goaloriented evaluation approach: Ralph W. Tyler)”. El-Tsaqâfah, XVI(02), 203-212. Nursaida, Isnaini, M., & Darmayanti, N. W. (2020). Pengembangan media Pocket Book berbasis eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa MTsN 1 Mataram. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 06(02), 294-302.

Oktaviani, C., & Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, Volume 16, Nomor 1/2023 Mellyzar. (2020). Implementasi pembuatan bahan ajar Pocket Book sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas mahasiswa. Lantanida Journal, 08(02), 158-167.

Raihan. (2019). Penerapan reward dan punishment dalam peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam terhadap siswa SMA di Kabupaten Pidie. Dayah: Journal of Islamic Education, 02(01), 115-130.

Rochayati, U., & Wardani, R. (2018). Model pembelajaran karakter kerja di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan, 02(01), 116-127.

Rosyad, A. M. (2019). Impleemntasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 05(02), 173-190.

Safitri, N. M. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, V(02), 173-183.

Stufflebeam, D. L., Madaus, G. F., & Kellaghan, T. (2002). Evaluation models: Viewpoints on educational and human services evaluation second edition. New York, USA: Kluwer Academic Publisher. Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisplinan belajar pada siswa kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(02), 232-238.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung, Bandung. Indonesia: Alfabeta

Sukardi, H. (2009). Evaluasi pendidikan, prinsip dan operasional. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara. Sukardi, T., Fitrah, A., Syauqi, K., & Paryanto. (2020). Industrial working culture in learning practice at vocational high school. Journal of Physics: Conference Series , 1-7.

Suradi. (2015). Perencanaan program kerja dan pengorganisasian dalam meningkatkan pelayanan pada kantor cabang PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Jakarta. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 06(02), 304-309.

Taamu, Nurjannah, & Wijayanti, F. (2020). Penggunaan buku saku sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mencuci tangan anak. Jurnal Kesehatan Poltekes Palembang, 15(02), 80-87.

Toni, I. A., & Mediatati, N. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Satya Widya, XXXV(01), 54-61.

Virgianto, G., Permana, T., & Komaro, M. (2019). Minat bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Journal of Mechanical Engineering Education, 06(01), 36-41.

Wekke, I. S. (2019). Metode penelitian sosial. Yogyakarta, Indonesia: Gawe Buku.

Widiyarini. (2018). Mengurangi pengangguran terdidik dengan meningkatkan semangat kewirausahaan melalui pelatihan jasa laundry. Sosio e-kons, 10(03), 199-206.

Yulius, M. (2020). Strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen sarana dan prasarana pada SMKN 1 Singkawang. Khazanah Pendidikan, XIII(02), 246-255.

Yusmuliadi, & Agustang, A. (2021). Peran OSIS dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMA Negeri 3 Barru. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 01(03), 44-53.

Yustina, A., & Sukardi, T. (2014). Pengaruh bimbingan kejuruan, motivasi merprestasi, dan kemandirian siswa terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TKJ. Jurnal Pendidikan Vokasi, 04(02), 181-194.

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta, Kencana.

Zuniarti, & Siswanto, B. T. (2013). Pengaruh motivasi belajar, kinerja intensitas pembimbingan Prakerin terhadap kesiapan kerja siswa SMK Pariwisata DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 03(03), 405 - 415.

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

EVALUASI PROGRAM BANTUAN PENGUATAN BUDAYA KERJA SMK DI JAWA TENGAH. (2023). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i1.620