TINJAUAN FILOSOFIS TERHADAP MAGANG DALAM KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PERGURUAN TINGGI X

Authors

  • Sausan Khairunnisa Haida Universitas Indonesia
  • Tjut Rifameutia Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i1.779

Keywords:

magang, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, satuan kredit semester, tinjauan filosofis

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami transformasi melalui konsep Merdeka Belajar. Pada tingkat perguruan tinggi, konsep tersebut melahirkan program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studinya. Sebagai salah satu program belajar yang telah umum diselenggarakan oleh perguruan tinggi di Indonesia, magang atau praktik kerja dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka mengalami perubahan signifikan pada jumlah satuan kredit semester. Transisi pemaknaan satuan kredit semester dari jam belajar menjadi jam kegiatan mengharuskan kampus melakukan penyesuaian agar capaian pembelajaran mahasiswa tetap terpenuhi. Melalui penelitian ini, kesesuaian antara konsep yang diusung pemerintah dengan implementasi program magang akan ditinjau berdasarkan kerangka filosofis kurikulum pendidikan dari lima aspek, yakni keseimbangan, kedalaman dan keluasan, keutuhan, keberlanjutan, serta progresivitas dalam proses belajar peserta didik. Data yang digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada kasus ini didapatkan melalui eksplorasi data sekunder dan wawancara dengan mahasiswa serta dosen Perguruan Tinggi X, sebuah perguruan tinggi negeri di Jawa Barat. Studi kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif dalam bentuk naratif. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara implementasi kebijakan dengan filosofi kurikulum dari segi keseimbangan. Namun, pihak dosen mampu melakukan adaptasi untuk memenuhi kesesuaian bobot satuan kredit semester dengan kompetensi yang seharusnya dimiliki
mahasiswa.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3).

Aryana, D. (2022). Evaluasi Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Pendidikan Indonesia [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/76653

Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. (n.d.).Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved March 17, 2023, from https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/11/Buku-Panduan-Indikator Kinerja-Utama-PTN.pdf

Carr, D. (2005). Making Sense of Education: An Introduction to the Philosophy and Theory of Education and Teaching. In Making Sense of Education: An Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, Volume 16, Nomor 1/2023 79 Introduction to the Philosophy and Theory of Education and Teaching. doi.org/10.4324/9780203994702

Chelsya, & Wirianata, H. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). YUME : Journal of Management, 5(3), 387–401. doi.org/10.37531/yume.vxix.4547

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. 4th Edition, SAGE Publications, Inc., Thousand Oaks.

Direktorat Pendidikan ITB. (2021, July 5). MBKM Talks: Seputar Merdeka Belajar Kampus Merdeka bagi Mahasiswa ITB [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=UuWebXI5LZM

Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. https://peraturan.bpk.go.id/Details/163703/permendikbud-no-3-tahun-2020

Junaidi, A., Wulandari, D., Arifin, S., Soetanto, H., Kusumawardani, S. S., Wastutiningsih, S. P., Utama, M. S., Cahyono, E., Hertono, G. F., Syam, N. M., WY, H. J., Putra, P. H., Wijayanti, C., & Jobih. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/10/BUKU-PANDUANPENYUSUNAN - KURIKULUMPENDIDIKAN-TINGGI-MBKM.pdf

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 699–706. doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi

Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248 Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (n.d.).

Retrieved March 29, 2023, from https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/QTFFOEMzNTYtNDhFRi00ODcxLUFGM0UtODUwNzk0NDNGOTUy#sortstatus

Situs Resmi Merdeka Belajar Kampus Merdeka - MBKM. (n.d.). Retrieved March 27, 2023, from https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang/detail

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

TINJAUAN FILOSOFIS TERHADAP MAGANG DALAM KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI PERGURUAN TINGGI X. (2023). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i1.779