IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK MEWUJUDKAN PERILAKU ANTIKEKERASAN

Authors

  • Aida Nur Azizah Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Bunga Kharisma Nuria Fitriawan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Nabilah Salwa Muzhaffarah Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Septia Nur Anisa Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Vanya Fadhilah Syanur Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i2.801

Keywords:

program Sekolah Ramah Anak, hak anak, pendidikan anak, kasus kekerasan anak, kebijakan ramah anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan ramah anak berdasarkan model implementasi Richard F. Elmore. Program Sekolah Ramah Anak merupakan program yang menjamin hak-hak anak dalam mendapatkan pendidikan dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta didik di lingkungan sekolah. Namun, fakta menunjukkan bahwa upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di lingkungan pendidikan belum terlaksana secara maksimal. Terdapat peningkatan kasus kekerasan anak sepanjang tahun 2021 hingga 2022 yang meliputi diskriminasi dan perundungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dihimpun melalui wawancara dengan koordinator program Sekolah Ramah Anak, siswa, dan guru, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Ramah Anak di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri di Yogyakarta belum sepenuhnya optimal karena pelaksanaan program masih didominasi oleh aktor internal sekolah. Pihak sekolah belum berupaya menyesuaikan program Sekolah Ramah Anak setiap tahunnya, sehingga kasus kekerasan terus terjadi dengan pelaku, korban, dan bentuk kekerasan yang berbeda. Oleh karena itu, pihak sekolah perlu melakukan peningkatan peran dalam penyelenggaraan program Sekolah Ramah Anak, memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan orang tua, dan melakukan pembaruan program Sekolah Ramah Anak secara berkala sesuai dengan keadaan dan kebutuhan

References

Ansell, C., Sørensen, E., & Torfing, J. (2017). Improving policy implementation through collaborative policy making. Journal of Policy & Politics, 45(3), 467–486. DOI:https://doi.org/10.1332/03055731 7X14972799760260

Awliya, W., Alifiyah, N., & Nudin, B. (2023). Efektivitas penerapan program Sekolah Ramah Anak dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Pakem Yogyakarta. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(1), 1281-1291. DOI:https://doi.org/10.20885/tullab.vol5. iss1.art6

Azorín, C. (2022). Collaborative networking in education: Learning across international contexts. REICE. Revista Iberoamericana Sobre Calidad, Eficacia y Cambio en Educación, 20(3). DOI:https:// d oi.o r g / ht tps://d oi.o r g /10.1 536 6/ reice2022.20.3.004

Cempaka, M. (2020). Hukuman mengeluarkan siswa dari sekolah masih populer meski pernah dikritik menteri. Vice.Com. https://www.vice.com/id/article/pkeb89/ hukuman-mengeluarkan-siswa-dari- sekolah-masih-populer-meski-pernah- dikritik-menteri

Cornivia, S. P., & Suwanda, I. M. (2022). Implementasi program sekolah berbasis ramah anak di SMP Negeri 2 Tuban. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(3), 617–632. DOI:https://doi.org/ https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3. p617 – 632

Edie, A. M. (2019). Implementation of public transportation policy in Bandung city: An analysis of actors and interests. International Journal of Kybernology, 4(1), 11–16. DOI:https://doi.org/10.33701/ijok. v4i1.645

Fitriani, S., & Istaryatiningtias, I. (2020). Promoting child-friendly school model through school committee as parents’ participation. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 1025–1034. DOI:https://doi. org/10.11591/ijere.v9i4.20615

Jannah, F. B. F., & Hidayati, D. (2022). Implementation of child-friendly school policies towards building the character of students in SS Bantul District. International Journal of Education Humanities and Social Science, 5(5), 105–109. DOI:https:// doi.org/10.54922/IJEHSS.2022.0443

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2014). Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2022). Wujudkan satuan pendidikan ramah anak, Kemenpppa dorong keterlibatan pemerintah daerah dan tenaga pendidik. Kemenppa.go.id. https:// w w w.kemenpppa.go.id/index .php/ page/read/29/4317/wujudkan-satuan- pendidikan-ramah-anak-kemenpppa- dorong-keterlibatan-pemerintah-daerah- dan-tenaga-pendidik%5C

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Khasanah, N. (2020). Implementasi program Sekolah Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. DOI:https://doi.org/https://doi. org/10.31764/historis.v6i1.4075

Magat, M. S. (2021). Implementation of programs under the child-friendly school systems (CFSS): Response to sustainable development goals. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 05(11), 555–562. DOI: https://doi. org/10.47772/ijriss.2021.51129

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis (ed. 3.). Amerika Serikat: SAGE Publications.

Mudhoffir, A. M. (2013). Teori kekuasaan Michel Foucault: Tantangan bagi sosiologi politik. Jurnal Sosiologi, 18(1), 75–100. DOI:https://doi.org/10.7454/mjs. v18i1.3734

Muitasari, S. (2016). Implementasi program Sekolah Ramah Anak dalam mengembangkan kecakapan hidup (Studi pendampingan anak korban kekerasan di Yayasan Setara). Universitas Negeri Semarang.

Mulawarman, W. G., & Komariyah, L. (2020). Manajemen program Sekolah Ramah Anak dalam mewujudkan budaya sekolah di SMP Negeri 2 Tenggarong. Samarinda, Indonesia: Universitas Mulawarman.

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk membangun nilai-nilai karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. DOI:https://doi. org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Njelesani, J., Lai, J., Gigante, C. M., & Trelles, J. (2021). Will you protect me or make the situation worse?: Teachers’ responses to school violence against students with disabilities. Journal of Interpersonal Violence, 37(23-24), 723-748. DOI: https:// doi.org/10.1177/08862605211062996

Pemerintah Kota Yogyakarta. (2023). Bangun komunikasi yang baik cegah kasus kekerasan pada anak. warta.jogjakota. go.id. https://warta.jogjakota.go.id/ detail/index/25377

Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pratiwi, R. F., Rusilowati, A., & Subali, B. (2022). Analysis of child-friendly schools in building SDN Krebet 1 Sragen student’s disciplined character. Journal of Primary Education, 11(2), 203–214. DOI:https:// doi.org/10.15294/jpe.v11i2.63278

Presiden Republik Indonesia. (2014). Undang- Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tentang Perlindungan Anak.

Pritasari, L. A., & Kusumasari, B. (2019). Actor intervention in influencing environmental policy formulation: The case study of shrimp farming relocation policy in Yogyakarta. Jurnal Borneo Administrator, 15(2), 179–198. DOI:https://doi. org/10.24258/jba.v15i2.427

Putri, A., & Akmal. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan dan implikasinya terhadap pemenuhan hak anak. Journal of Civic Education, 2(4), 228–235. DOI:https://doi. org/10.24036/jce.v2i4.190

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi kebijakan Sekolah Ramah Anak dalam mewujudkan kota layak anak di Kota Depok. Jurnal Ilmu Administrasi, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.31314/ pjia.8.1.38-52.2019

Richardson, D., & Hiu, C. F. (2018). Developing a global indicator on bullying of school aged children. Innocenti Working Papers, July, 27. https://www.unicef-irc.org/ publications/979-developing-a-global- indicator-on-bullying-of-school-aged- children.html

Saptono, B. (2022). Implications of child- friendly school policies in reducing cases of violence against children in Elementary schools. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 96– 103. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe. v10i1.45816

Satispi, E., & Mufidayaiti, K. (2019). Buku ajar kebijakan publik teori dan aplikasinya. Jakarta, Indonesia: UMJ PRESS.

Sekretariat Kabupaten Kutai Barat. (2020). Sekolah layak/ramah anak. setda. kutaibaratkab.go.id. https://setda. kutaibaratkab.go.id/baca-berita-572- sekolah-layakramah-anak.html

Taufiq, M., & Vermonte, P. (2015). Pemetaan pemangku kepentingan (Stakeholders Mapping). Modul Pelatihan Analisis Kebijakan. Jakarta, Indonesia: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Taufiqurakhman. (2014). Kebijakan publik: Pendelegasian tanggung jawab negara kepada presiden selaku penyelenggaraan pemerintahan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Moestopo Beragama.

Torres, C. E., D’Alessio, S. J., & Stolzenberg, L. (2020). The effect of social, verbal, physical, and cyberbullying victimization on academic performance. Journal of Victims & Offenders, 15(1), 1-21. DOI: https://doi.org/10.1080/15564886.2019.1 681571

United Nation Education, Scientific and Cultural Organization. (2022). UNESCO 2 Strategy on Education for Health and Well-Being. Paris: UNESCO.

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2020). Protecting children from violence in school every child has the right to go to school and learn, free from fear. UNICEF. unicef. org. https://www.unicef.org/protection/ violence-against-children-in-school

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2009). Child-friendly school. New York, Amerika Serikat: UNICEF Division of Communication.

Viennet, R., & Pont, B. (2017). Education policy implementation: A literature review and proposed framework (No. 162). DOI:https://doi.org/https://doi. org/10.1787/19939019

Walikota Yogyakarta. (2016). Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Sekolah Ramah Anak.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86- 94. DOI:https://doi.org/10.21831/ jc.v15i1.19789

Downloads

Published

2024-05-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK MEWUJUDKAN PERILAKU ANTIKEKERASAN. (2024). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i2.801