PEMANFAATAN RAPOR PENDIDIKAN UNTUK MENDUKUNG TRANSFORMASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMP X DI KOTA DEPOK)
DOI:
https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i1.830Keywords:
Rapor Pendidikan, evaluasi sistem pendidikan, transformasi kebijakan pendidikan, kualitas pendidikan, pemanfaatan data pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pemanfaatan platform Rapor Pendidikan untuk mendukung transformasi kebijakan pendidikan di tingkat sekolah melalui studi kasus di salah satu sekolah menengah pertama di Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan pada November 2023 melalui wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan operator sekolah, serta analisis dokumen dan observasi lapangan pada lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu sekolah menengah pertama di Kota Depok memanfaatkan data Rapor Pendidikan sejak 2023 dan merasakan bahwa data yang ditampilkan pada pembaruan Rapor Pendidikan 2.0 lebih mudah dibaca. Data Rapor Pendidikan membantu sekolah dalam mengidentifikasi masalah pendidikan di sekolah sebagai dasar evaluasi sistem pendidikan. Agar pemanfaatan Rapor Pendidikan semakin optimal, Kemendikbudristek perlu memperjelas penyajian data setiap indikator, terutama 1) definisi capaian, 2) akar masalah, dan 3) aksi benahi. Rekomendasi yang ditampilkan perlu lebih detail dan spesifik dengan permasalahan atau kondisi sekolah. Dinas Pendidikan Kota Depok perlu melakukan monitoring dan pendampingan kepada sekolah dalam pemanfaatan Rapor Pendidikan sebagai dasar evaluasi internal satuan pendidikan. Selain itu, sekolah perlu membentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mendukung pemanfaatan optimal data Rapor Pendidikan.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Astrawan, M. I. (2023, 15 Juli). Kebijakan pendidikan di Indonesia ditinjau dari Sustainable Development Goals. BEM FPSI Universitas Muhammadiyah Malang. https://bem-fpsi.umm.ac.id/id/berita/kebijakan-pendidikan-di-indonesia-ditinjau-dari-sustainable-development-goals.html
Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., & Setianingsih, F. N. (2022). Transformasi kebijakan kurikulum pendidikan di Indonesia sebagai landasan pengelolaan pendidikan. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 217-228.
Badan Pusat Statistik. (2023). Angka Partisipasi Sekolah (APS). https://www.bps.go.id/indicator/28/301/1/angka-partisipasi- sekolah-a-p-s-.html. Diakses pada 15 September 2023.
Ismawati, E., Amertawengrum, I. P., & Anindita,
K. A. (2023). Portrait of education in Indonesia: Learning from PISA results 2015 to present. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 321-340. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.18
Kemendikbudristek. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses makin meluas, saatnya tingkatkan kualitas.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Indonesia.
Kemendikbudristek. (2023). Episode Merdeka Belajar 19 - Rapor Pendidikan.
Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Widya Accarya, 14(2), 156-164.
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty,
V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765-777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113–123.
Merentek, T. C., Sumual, T. E., Usoh, E. J., & Kampilong, J. K. (2023). Perencanaan sumber daya manusia dalam pendidikan masa depan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.19109/ELIDARE.V9I1.16516
OECD (2013). Synergies for better learning: An international perspective on evaluation and assessment, oecd reviews of evaluation and assessment in education. OECD Publishing.
OECD. (2023). PISA 2022 results (Volume I): The state of learning and equity in education. PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan. (2021). Kajian Akademik Evaluasi Sistem Pendidikan.https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/buku/1665198079_PSKP_2021_Kajian_Akademik_Sistem_Evaluasi_Pendidikan.pdf
Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan. (2022). Laporan Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Hasil Evaluasi Sistem Pendidikan (Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data). (belum dipublikasikan)
Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan. (2023).
Dashboard adaption rate Rapor Pendidikan.
Pusmendik. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/ diakses 20 Februari 2024.
Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi kebijakan pendidikan melalui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598-612.
Rapor Pendidikan https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id diakses 23 November 2023.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak sebagai inovasi meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195-206.
Shintia, D., Asbari, M., Khairunisa, F., & Azizah,
N. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia: Quo vadis kualitas pendidikan Indonesia?. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 18-21.
Sjøberg, S., & Jenkins, E. (2022). PISA: A political project and a research agenda. Studies in Science Education, 58(1), 1-14. https://doi.org/10.1080/03057267.2020.1824473.
Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The policy implementation process: A conceptual framework. Administration & Society, 6(4), 445–488
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
All articles submitted by the author and published in the Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan are fully copyrighted by the publication of Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) by technically filling out the copyright transfer agreement and sending it to the publisher
Note :
The author can include in separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich versions of journal publications (for example: posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example: in an institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See Open Access Effects).