TRANSFORMASI STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DAN REVITALISASI ASESMEN PEMBELAJARAN DI INDONESIA

Authors

  • Mohammad Rizky Satria Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i1.930

Keywords:

Standar Penilaian Pendidikan, asesmen pembelajaran, Standar Nasional Pendidikan, transformasi pendidikan, revitalisasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perubahan yang terjadi pada Standar Penilaian Pendidikan setelah munculnya pembaruan Standar Nasional Pendidikan melalui PP No. 57 tahun 2021 dan PP No. 4 tahun 2022. Penelitian dilakukan dengan membandingkan Standar Penilaian Pendidikan lama berdasarkan Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan Standar Penilaian Pendidikan baru berdasarkan Permendikbudristek No. 21 tahun 2022, serta meninjau keduanya dengan referensi pendukung yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan Standar Penilaian Pendidikan secara substansial dilandasi oleh prinsip esensial, selaras, dan fleksibel dengan perubahan paradigmatis pada makna penilaian, penekanan pada penilaian yang berfungsi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, dan pemberian ruang pada optimalisasi pelaksanaan asesmen autentik. Implikasi perubahan ini adalah mendorong sistem penilaian yang memberdayakan peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan kepada pemerintah untuk mengoptimalkan sosialisasi dan pelatihan yang relevan bagi pendidik di satuan pendidikan serta menyelaraskan materi perkuliahan tentang penilaian atau evaluasi pembelajaran bagi calon pendidik yang masih menempuh studi di perguruan tinggi agar dapat memahami dan menerapkan perubahan penting dalam Standar Penilaian yang baru. Tujuannya agar perubahan Standar Penilaian Pendidikan tidak hanya dipahami secara teknis, tetapi juga dimaknai secara mendalam untuk mengoptimalkan proses penilaian pembelajaran di satuan pendidikan.

References

Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 8(1). https://doi.org/10.46807/aspirasi. v8i1.1256

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik: Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Asmara, Q. (2021). Implementasi kebijakan dan mutu pendidikan (penerapan delapan standar pendidikan nasional di SMA Mutiara Bunda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung). KAIS Kajian Ilmu Sosial, 2(1), 119-125. https://doi.org/10.24853/ kais.2.1.119-125

Baroroh, U., & Sukiman, S. (2023). Analisis standar penilaian pada satuan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3(3):711–732. https://doi.org/10.14421/ njpi.2023.v3i3-18

Bazeley, P. (2013). Qualitative data analysis: Practical strategies. SAGE Publications.

Bentri, A., Hidayati, A., & Rahmi, U. (2016). The problem analysis in applying instrument of authentic assessment in 2013 curriculum. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(10). https:// doi.org/10.21275/ART20162293

Black, P., & Wiliam, D. (2018). Classroom assessment and pedagogy. Assessment in education: Principles, policy and practice, 25(6):551–575. https://doi.org/10.1080/0 969594X.2018.1441807

Boston, C. (2019). The concept of formative assessment. Practical assessment, research, and evaluation, 8(1). https://doi. org/10.7275/kmcq-dj31

Care, E., Griffin, P., & McGaw, B. (2012). Assessment and teaching of 21st-century skills. Springer.

DeLuca, C., & Bellara, A. (2013). The current state of assessment education: Aligning policy, standards, and teacher education curriculum. Journal of Teacher Education, 64(4):356–372. https://doi. org/10.1177/0022487113488144

Dixson, D. D., & Worrell, F. C. (2016). Formative and summative assessment in the classroom. Theory into Practice, 55(2), 153–159. https://doi.org/10.1080/004058 41.2016.1148989

Fitriani, F. (2017). Implementing authentic assessment of curriculum 2013: Teacher’s problems and solutions. Getsempena English Education Journal, 4(2). https:// doi.org/10.46244/geej.v4i2.749

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. J urnal Pendidikan, 5(1). https://doi. org/10.26740/jp.v5n1.p%25p

Leu, D. J., Kinzer, C. K., Coiro, J., Castek, J., & Henry, L. A. (2017). New literacies: A dual-level theory of the changing nature of literacy, instruction, and assessment. Journal of Education, 197(2), 1-18. https:// doi.org/10.1177/002205741719700202

Maimunah, U. (2018). Implementasi kebijakan standarisasi pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(6), 664-676. https://doi. org/10.21831/sakp.v7i6.13164

Mardapi, D. (2019). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Parama Publishing.

McTighe, J., Doubet, K. J., & Carbaugh, E. M. (2020). Designing authentic performance tasks and projects: Tools for meaningful learning and assessment. ASCD. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaäna, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Noptario, N., Aisyah, S., Najib, M., & Shaleh, S. (2023). Analisis standar penilaian pendidikan di Indonesia (Permendidkbud No 21 Tahun 2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 380-388.https://doi. org/10.5281/zenodo.8088817

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1),77–87. https://doi. org/10.24832/jpnk.v8i1.3535

Schreier, M. (2014). Qualitative content analysis. Dalam Flick, U (Eds), The SAGE handbook of qualitative data analysis (hlm. 170-183). SAGE Publications.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. ASCD.

Weingarten, R. (2014, Spring). Teaching and learning over testing. American Educator, 38(1), NA. https://link.gale.com/apps/ doc/A377577321/AONE?u=anon~c92934 d8&sid=googleScholar&xid=2c08a586

Wiggins, G. (2011). A true test: Toward more authentic and equitable assessment. Phi Delta Kappan, 92(7), 81-93. https://doi. org/10.1177/003172171109200721.

Wiliam, D., & Thompson, M. (2017). Integrating assessment with learning: What will it take to make it work?. Dalam The future of assessment (pp. 53-82). Routledge.

Xu, Y., & Brown, G. T. (2016). Teacher assessment literacy in practice: A reconceptualization. Teaching and Teacher Education, 58, 149-162. https:// doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.010.

Downloads

Published

2024-08-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

TRANSFORMASI STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DAN REVITALISASI ASESMEN PEMBELAJARAN DI INDONESIA. (2024). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i1.930