TRANSFORMASI STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DAN REVITALISASI ASESMEN PEMBELAJARAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i1.930Keywords:
Standar Penilaian Pendidikan, asesmen pembelajaran, Standar Nasional Pendidikan, transformasi pendidikan, revitalisasi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis perubahan yang terjadi pada Standar Penilaian Pendidikan setelah munculnya pembaruan Standar Nasional Pendidikan melalui PP No. 57 tahun 2021 dan PP No. 4 tahun 2022. Penelitian dilakukan dengan membandingkan Standar Penilaian Pendidikan lama berdasarkan Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan Standar Penilaian Pendidikan baru berdasarkan Permendikbudristek No. 21 tahun 2022, serta meninjau keduanya dengan referensi pendukung yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan Standar Penilaian Pendidikan secara substansial dilandasi oleh prinsip esensial, selaras, dan fleksibel dengan perubahan paradigmatis pada makna penilaian, penekanan pada penilaian yang berfungsi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, dan pemberian ruang pada optimalisasi pelaksanaan asesmen autentik. Implikasi perubahan ini adalah mendorong sistem penilaian yang memberdayakan peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan kepada pemerintah untuk mengoptimalkan sosialisasi dan pelatihan yang relevan bagi pendidik di satuan pendidikan serta menyelaraskan materi perkuliahan tentang penilaian atau evaluasi pembelajaran bagi calon pendidik yang masih menempuh studi di perguruan tinggi agar dapat memahami dan menerapkan perubahan penting dalam Standar Penilaian yang baru. Tujuannya agar perubahan Standar Penilaian Pendidikan tidak hanya dipahami secara teknis, tetapi juga dimaknai secara mendalam untuk mengoptimalkan proses penilaian pembelajaran di satuan pendidikan.
References
Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 8(1). https://doi.org/10.46807/aspirasi. v8i1.1256
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik: Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Asmara, Q. (2021). Implementasi kebijakan dan mutu pendidikan (penerapan delapan standar pendidikan nasional di SMA Mutiara Bunda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung). KAIS Kajian Ilmu Sosial, 2(1), 119-125. https://doi.org/10.24853/ kais.2.1.119-125
Baroroh, U., & Sukiman, S. (2023). Analisis standar penilaian pada satuan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3(3):711–732. https://doi.org/10.14421/ njpi.2023.v3i3-18
Bazeley, P. (2013). Qualitative data analysis: Practical strategies. SAGE Publications.
Bentri, A., Hidayati, A., & Rahmi, U. (2016). The problem analysis in applying instrument of authentic assessment in 2013 curriculum. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(10). https:// doi.org/10.21275/ART20162293
Black, P., & Wiliam, D. (2018). Classroom assessment and pedagogy. Assessment in education: Principles, policy and practice, 25(6):551–575. https://doi.org/10.1080/0 969594X.2018.1441807
Boston, C. (2019). The concept of formative assessment. Practical assessment, research, and evaluation, 8(1). https://doi. org/10.7275/kmcq-dj31
Care, E., Griffin, P., & McGaw, B. (2012). Assessment and teaching of 21st-century skills. Springer.
DeLuca, C., & Bellara, A. (2013). The current state of assessment education: Aligning policy, standards, and teacher education curriculum. Journal of Teacher Education, 64(4):356–372. https://doi. org/10.1177/0022487113488144
Dixson, D. D., & Worrell, F. C. (2016). Formative and summative assessment in the classroom. Theory into Practice, 55(2), 153–159. https://doi.org/10.1080/004058 41.2016.1148989
Fitriani, F. (2017). Implementing authentic assessment of curriculum 2013: Teacher’s problems and solutions. Getsempena English Education Journal, 4(2). https:// doi.org/10.46244/geej.v4i2.749
Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. J urnal Pendidikan, 5(1). https://doi. org/10.26740/jp.v5n1.p%25p
Leu, D. J., Kinzer, C. K., Coiro, J., Castek, J., & Henry, L. A. (2017). New literacies: A dual-level theory of the changing nature of literacy, instruction, and assessment. Journal of Education, 197(2), 1-18. https:// doi.org/10.1177/002205741719700202
Maimunah, U. (2018). Implementasi kebijakan standarisasi pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(6), 664-676. https://doi. org/10.21831/sakp.v7i6.13164
Mardapi, D. (2019). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Parama Publishing.
McTighe, J., Doubet, K. J., & Carbaugh, E. M. (2020). Designing authentic performance tasks and projects: Tools for meaningful learning and assessment. ASCD. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaäna, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Noptario, N., Aisyah, S., Najib, M., & Shaleh, S. (2023). Analisis standar penilaian pendidikan di Indonesia (Permendidkbud No 21 Tahun 2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 380-388.https://doi. org/10.5281/zenodo.8088817
Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1),77–87. https://doi. org/10.24832/jpnk.v8i1.3535
Schreier, M. (2014). Qualitative content analysis. Dalam Flick, U (Eds), The SAGE handbook of qualitative data analysis (hlm. 170-183). SAGE Publications.
Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. ASCD.
Weingarten, R. (2014, Spring). Teaching and learning over testing. American Educator, 38(1), NA. https://link.gale.com/apps/ doc/A377577321/AONE?u=anon~c92934 d8&sid=googleScholar&xid=2c08a586
Wiggins, G. (2011). A true test: Toward more authentic and equitable assessment. Phi Delta Kappan, 92(7), 81-93. https://doi. org/10.1177/003172171109200721.
Wiliam, D., & Thompson, M. (2017). Integrating assessment with learning: What will it take to make it work?. Dalam The future of assessment (pp. 53-82). Routledge.
Xu, Y., & Brown, G. T. (2016). Teacher assessment literacy in practice: A reconceptualization. Teaching and Teacher Education, 58, 149-162. https:// doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
All articles submitted by the author and published in the Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan are fully copyrighted by the publication of Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) by technically filling out the copyright transfer agreement and sending it to the publisher
Note :
The author can include in separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich versions of journal publications (for example: posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example: in an institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See Open Access Effects).