Vol. 15 No. 1 (2022)
Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Volume 15 No. 1 (2022) memuat 6 (enam) artikel dengan tema kebijakan pendidikan. Artikel pertama ditulis oleh Estuti Rochimah, dkk. tentang Keefektifan Kegiatan Kolaboratif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Skema Mengajar di Satuan Pendidikan. Artikel kedua ditulis oleh Harpiana Rahman, dkk. tentang Pemanfaatan Dongeng Let’s Read sebagai Media Pendidikan Kesehatan Dini di Sekolah Dasar. Artikel ketiga yang ditulis oleh Herman Hendrik memaparkan tentang Peran Organisasi Masyarakat Sipil dalam Pengelolaan Keragaman di Sekolah. Artikel keempat ditulis oleh Parwanto tentang Pengaruh Manajemen Dana, Kualitas Pelayanan Dinas Pendidikan, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Keefektifan Sekolah. Artikel kelima yang ditulis oleh Sudiyono dan Relisa mengkaji tentang Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Keterserapan Lulusan SMK ke Dunia Kerja. Artikel terakhir ditulis oleh Dina Rahma Fadlilah dan Yanti Herlanti tentang Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Biologi SMA/MA Se-Jabodetabek.
Penerbitan edisi pertama tahun 2022 ini mengalami keterlambatan dari yang seharusnya bulan Agustus menjadi bulan Desember. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kendala yang dihadapi. Pertama, perubahan nomenklatur serta tugas, pokok, dan fungsi unit kerja menyebabkan juga perubahan tim pengelola jurnal baik tim editorial maupun tim pendukung teknis, termasuk pengembang laman web (OJS) jurnal. Kedua, tim reviewer baik internal maupun eksternal juga mengalami perubahan, sehingga artikel harus diproses ulang dari awal dengan reviewer yang baru. Ketiga, dengan penyesuaian dan perubahan nomenklatur, manajemen, dan tim pengelola, proses seleksi hingga penerbitan jurnal yang biasanya dapat dimulai dari awal tahun anggaran di bulan Februari atau Maret, harus tertunda hingga baru dapat dimulai di bulan Mei.